Jimat-jimat keberuntungan di jepang


Maneki-neko (kucing pemberi isyarat) adalah kucing-kucing ini ada yang duduk di etalase, di meja bar dan di tempat-temat dagang lainnya sambil memberi isyarat kepada para pelkanggan dengan kakinya . Umumnya sososk jenis kucing yang warnanya seperti kulit kura-kura. Ketika kaki kanannya diangkat ia berupaya mendatangkan uang, kaki kirinya memberi isyarat kepada para pelanggan.

Penggaruk adalah penggaruk-penggaruk (kumade) digunakan untuk mengumpulkan sesuatu di lahan pertanian . Sebagai sebuah jimat keberuntungan , penggaruk mengumpulkan kebahagian bagi pemiliknya . Jimat-jimat penggaruk seringkali dihias dengan wajah-wajah tujuh dewa atau O-tafuku

Kapal Harta adalah jimat yang berbentuk lukisan kapal yang berlayar dengan membawa tujuh-tujuh dewa dan harta. Mimpi -mimpi indah dan keberuntungan akan datang bila kira tidur dengan kapal ini diletakkan di bawah bantal pada Tahun Baru hari kedua.

O-tafuku adalah jimat yang berbentuk wanita yang berbahagia ini dikatakan dapat mengusir setan dan bencana sebagai imbalannya akan membawa banyak keberuntungan . Ia juga dinamakan ofuku -san atau okame . Kalau ia duduk di sebelah Fukusuke , keduanya diharapkan akan memberikan kebahagiaan kepada pasanan yang sudah menikah.

Fukusuke adalah jimat yang berbentuk kurcaci dengan kepala besar ini adalah jimat untuk keberuntungan dalam berbisnis. Rambutnya disimul ke atas dan ia memakai kamishimo (pakaian kebesaran samurai) dan pakaian resmi yang dikenakan rakyat jelata di jaman Edo. Telinga-telinganya yang besar merupakan perlambanga kekayaan.

Burung Hantu , menurut orang jepang mendengar kukuk burung hantu embawa keberuntungan. Burung hantu emas dikatakan dapat membawa kekayaan dan keberuntungan.

Boneka Daruma adalah jimat yang mewakili pendeta india bodhidharma penemu aliran budha zen di cina . Tidak masalh berapa kali Anda menjatuhkannya , ia akan berdiri kembali.Itulah sebabnya Daruma dijadikan lambang ketekunan dan usaha yang terus-menerus . Selain boneka boneka ini dikatakan dapat membantu pemiliknya mendapatkan untung.

Sumber : Majalah Nipponia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: